PERJALANAN KE TURKI DENGAN GARIS TAWA (2019)

PEMESANAN TIKET

Jauh- jauh hari sebenarnya sudah mulai hunting tiket dan sempat dapat harga akhir sekitar 5.9jt saja.. tapi berhubung dana yang belum cukup saat pembelian maka kita pending dulu sambil terus memantau jika menemukan ht deal lagi. Akhirnya pencarian kita berakhir dan berhenti pada saat kesempatan kedua dengan harga 7.3jt (ini sepertinya memang hot deal kedua dan sudah yang terbaik setelah kita melewatkan kesempatan pertama) hingga akhirnya setelah kita memesan harganya terus naik lagi, dan disaat kita pesan harga sekitarannya sudah 8-9juta termurah PP.

PEMBUATAN VISA
Untuk pembuatan visa ke turki ini, kita hanya cukup daftar secara online saja. Web yang kita gunakan untuk mendaftar adalah https://www.evisa.gov.tr/en/ dan biaya yang dibutuhkan sekitar 26.05 USD. Pembayaran bisa menggunakan kartu kredit atau karti Jenius. Setelah selesai pembayaran maka Visa akan langsung dikirimkan ke emailmu.

PENUKARAN UANG

Untuk uang kemarin sempat menukar sebagian dollar, karena penerbangan kami transit di Negara lain dulu, lalu mempersiapkan juga Lira (mata uang Turki) namun tidak usah banyak- banyak karena di sanapun kita bisa langsung tarik uang, kemarin kita pakai Jenius dan biaya penarikannya sekali tarik sekitar 2500 saja dengan kurs yang disesuaikan. Jatuhnya lebih murah daripada tukar di Indonesia, karena di GMC Bandung saja tidak menyediakan lira dan money changer lain harga lira sangat tinggi. Sebenarnya tidak usah tukar lira dulu juga tidak apapa kalau sayangdapat harga yang mahal. Kebetulan kemarin kita nitip tukar lira di wine di Malaysia jadi nilaiinya masih bagus dan buat pengaman saja sudah punya lira.

Saat kita berangkat 1 lira bernilai sekitar 2600 rupiah.

PENGINAPAN

Kami memilih untuk sewa hostel karena sepaket sudah dapat breakfast, lokasi strategis, tempat bersih dan harganya pun terjangkau. Berikut Hostel yang kami pakai:

1. HOSTEL ISTANBUL

Hostel kami di Istanbul ini lokasinya strategis, dekat dengan tempat2 makan, dan jika ingin ke sultan ahmet (blue mosque, hagia Sophia) dan juga tempat oleh- oleh, terminal dan stasiun bisa hanya dengan jalan kaki. Selain itu kelebihan dari hotel ini adalah harganya sangat terjangkau dengan fasilitas2 yang ada, ada hair dryer, dapat sarapan, dan juga kita bisa titip koper di hostel ini free. Harganya hanya sekitar 140 ribu saja (bisa lebih murah atau lebih mahal sesuai tanggal pemesanan), sama kalau bisa nanti 1 kamar isinya rombongan kita saja biar bebas hehe.

1. HOSTEL CAPPADOCIA (GOREME)

Selain menginap di Istanbul, kemarin kita juga menginap di Goreme (Cappadocia) juga, berikut hostel yang kita pakai saat di Cappadocia:

Hostel ini juga recommend banget karena posisinya juga sangat strategis dengan harga yang sangat murah, dekat untuk tracking lihat balon udara di pagi hari, dekat tempat oleh2 dan resto juga. Selain itu bersih dan dapat sarapan juga. kita sewa 2 hari ini disini, hari pertama yang mixed dorm sekitar 125 ribu, ini kurang nyaman menurutku karena banyakan jadi kurang bebas, sedangkan di hari berikutnya kami yang perempuan ber 4 sewa yang female dorm, pas banget 4 kasur diisi kita semua dan jauh merasa lebih nyaman dan bebas, harganya sekitar 156 ribu saja.

SIM CARD

Untuk sim card yang kita gunakan kemarin adalah Turk Telkom (alas an memilih ini kita ga tau sih hehe hanya ikut kebetulan kita diantar kawan kita di turki dan dia yang memilihkan). Kita beli 2 kartu untuk bersama dengan pertimbangan jika nanti akan berpisah tetap bisa saling komunikasi. Untuk di hostel karena sudah ada wifi, jadi bisa dimatikan dahulu sim cardnya dan menggunakan wifi hostel. Harga 1 sim cardnya 170 TL dengan kuota 15GB.

TRANSPORTASI

Selama di Turki moda transportasi yang kita coba diantaranya:

• Charter Travel, dari bandara ke hostel (kemarin kita memutuskan sewa travel ini) karena lebih aman, harganya lebih terjangkau ketika kita bandingkan daripada taxi, lebih nyaman dan bisa bersatu jadi 1 mobil semua. Biayanya 250TL untuk 1 mobil besar yang kami sewa.
  • Taxi, kita gunakan untuk mengantar paket jastip, dan perjalanan dari goreme ke kayseri (Cappadocia) dan juga taxi dari terminal bus Istanbul (balik dari Cappadocia) ke sultan ahmet. Perlu diketahui selama kita mengendarai taxi dan mobil2 di Turki supirnya ngebut- ngebut bgt gaes.
  • Tram (pembayaran menggunakan Istanbul kart). *1 Istanbul kart bisa langsung untuk beberapa orang
  • Bus (pembayaran menggunakan istanbul kart).
  • Kapal nyebrang Bosphorus

Dengan Kapal ini kita bisa menikmati pemandangan laut, meliat sisi kedua benua dan menyebrang antara Turki Bagian Asia dan Eropa, Biaya yang dibutuhkan untuk menyebrang 25TL.

• Sewa Mobil (Tayfun :hp +905424544015 )

Karena kita aktivitasnya cukup padat dan waktu cukup sempit, kita putuskan untuk sewa mobil, karena jumlah kita cukup banyak yaitu ber-6. Sebenarnya karena adanya masalah dengan broker mobil ini jadinya jatuhnya cukup mahal dan tidak sesui akad awal, akantetapi kini kita dapat kontak langsung drivernya yang super ramah dan recommend, next bisa langsung kontak ke nomer Typhun diatas… dia sangat baik dan sabar :D, seperti bapak kita selama jalan- jalan hehe. Bilang saja mau sewa mobil dari temannya wine dan kawan- kawan yang charter agustus 2019 yang lalu.

Oiya, untuk menghemat biaya dan waktu, kita ada perjalanan malam juga jadi kita sempat bermalam di mobil dan kita tidak perlu sewa hostel dan buang waktu efektif karena malam dihabiskan di jalan.

• Bus Antar Kota (Pesan Online)

Unuk perjalanan antar kota yang cukup jauh agar hemat, selain menggunakan pesawat kita juga bisa gunakan Bus antar kota ini, meskipun jauh lebih lama tetapi moda transport ini lebih hemat, misalnya saat kembali dari cappadocia kemarin karena kita sudah habis masa sewa mobilnya maka dibandingkan naik pesawak kita coba gunakan bus ini. Daan yang mengejutkan ternyata bus ini lumayan fasilitasnya, ada wifi, layar buat nonton dan dengarin lagi, main game dll, minuman yang bolak- balik trs diisi, snack, dan juga ada ice cream! Tempat duduknya pun cukup nyaman kita pesan bus metro secara online, namanya metroturizm, googling aja ya.

• Jalan kaki

Karena daerah hostel yang kita pesan adalah daerah- daerah yang cukup strategis maka cukup dekat kemana- mana dan kita sering kali jalan kemana mananya.

• Bus Istanbul- Bandara

Untuk Transportasi Bandara-Istanbul atau sebaliknya ada juga opsi menarik yang hemat, dan kita pakai pas pulangnya karena pas kedatangan kita riweuh banyak jastip dan malem- malem, serta belum cari Info. Kita naik dari terminal samping dekat Hagia Sophia. Biaya Bus 18 lira. Namanya Havaist.

MAKANAN

Untuk makanan disana biasanya kita memanfaatkan makanan hostel untuk breakfast dan menunya adalah: roti keras, selai, keju, telur rebus, timun, tomat, zaitun, teh, kopi.

Untuk makan siang dan malam kita biasanya beli: sekali makan seitar 20-50 lira tergantung apa yang dimakan dan minum, di sana cukup cusah cari nasi dan gaada sauce sambal hiks, entah karena kita berada di kawasan- kawasan turis jadi agak susah cari makanan ber citarasa Indonesia, kecuali di akhir perjalanan kita menemukan rumah makan Bu Deden, dia julana menu Indonesia dan kita ketemu deh dengan makanan Indonesia. Sedikit saran yaitu kalian bisa belanja minuman dan snack atau makanan seperti  pop mie di supermarket saja karena harganya relative murah dan aman.

Untuk makanan lainnya kalian bisa gunakan untuk mengeksplore makanan- makanna turki.

Okaai, cukup sekian wkwk mohon maaf jika ada kesalahan, jika ada kebaikan yang bisa diambil itu dari Allah dan kesempurnaan hanya milik Allah.

#tripturki #tripturkey #itenaryturkey #itenaryturki

26. FLOATING MARKET
  27. DUSUN BAMBU
  28. THE LODGE
  29. DAGO DREAM PARK
  30. BIRD
  66. KAREUMBI
  67. BALISTA LEMBANG
  68. ARMOR KOPI
  69. DAGO PAKAR
  70. TAMAN BUNGA BEGONIA
  102. JEMBATA KERETA API CIKUDAPATEUH
  103. PUNCAK EURAD LEMBANG
  104. SENDANG GEULIS KAHIRUPAN
  105. DAGO BAKERY PUNCLUT

Film The Circle Review

Menurut saya film ini bagus dan memberi penyadaran ke kita bahwa sebenarnya kita berada di era yang semakin digital dan terbuka dan memperlihatkan berbagai konsekuensinya, dimana seiring meningkatnya teknologi nilai privasi cenderung semakin terabaikan.
Point-nya yang penting menurut saya adalah, kita harus seimbang menanggapinya. Teknologi itu hebat dan baik dengan catatan kita harus wise dalam menggunakannya, and always do balance in life 😀

Pelatihan FB Ads

pengguna fb di dunia sekitar 2m, penduduk dunia sekitar 7m. di Indonesia ada 108 juta dengan pengguna aktif 77 jt an.
3 Rahasia sukses:

.Rentang pendapatan
.Segmen pasar
.Daya beli
-Psikografi yang Tepat(Most Powerfull)
.Minat/ interest
.Kegiatan di facebook
.Penggunaan perangkat
////////
Tips:
Gunakan data & ketepatan asumsi
FB Ads: Create sale, Brand awareness

////////
– Buat pages (pilih kategori bisnis lokal, pojok kiri atas); nanti ada fitur yang bisa jalan kalau pakai yg ini aja
– Buat interaksi (like) melalui undang teman dan beriklan
– Fungsi: jualan, promosi bisnis lokal, membangun market
.Review
.Pilih untuk buat album photo (powerfull); pakai iklan yang bisa dipakai lama, iklan makin lama makin murah.(album photo karena permanen dari awal trs2an dan tidak dibatasi; bisa unggah photo dgn kualitas tinggi)
.Cantumkan harga dan format pesanan; info selengkap mungkin
.Buat link message, wa, line, web, dll
.customer ga punya rekening, kasih link marketplace
.link testimoni
.Buat album testimoni
.Deskripsi jangan di foto depan tapi di setiap foto
.text<20%; before after; no mlm; no sara; copas;
.tambah kriteria yang nambah jumlah audience, karena nambah kriteria nambah mahal.
.video biasa dilihat di text awalnya
.jangan sampai kelebihan budget untuk jml hari yg kurang (cakupannya kurang)
.selama iklan berjalan kalau album bisa di edit
.facebook ads manager/ pengelola iklan
.akun iklan ditutup/ blokir, saldo akan ilang juga; bisa pasca bayar juga.
.koneksi
pengaturan, iklan instagram, pas ngiklan ada pilihan ke ig, desktop dan hp
.cari efektifitas aman terendah supaya untung
.iklan primetime; co mq:7-10; Fb: 7-9;12-15;19-21;1-3malem
.kalau iklan udah jalan nanti ada tawaran mesin penjawab otomatis dar fb

.followup:
a. don’t be to smart
b. kalau salah alamat, sapa baik terus perkenalkan produk kita.
c. berikan pilihan solusi; misal barang kosong atau gaaada, berikan solusi: misal disimpankan dulu atau tawarin barang lain.
d. targetkan kesan “iya bagus” kespakatan presepsi dgn customer:
/Kuasai info produk
/Dominasi arah percakapan; hajar dengan pertanyaan sampai closing bayar; sampaikan info tapi dalam bentuk pertanyaan.
/pelayanan purna jual (buat grup purna jual: broadcast(semua yg ga jadi beli juga) dan grup yg pernah beli)
/Kuasai hukum perbandingan; ATM BCA (amati, tiru, modifikasi; Bandingkan, cek pasar,add value)
/berikan hukum keterbatasan; customer segerra take act

Nama alamat alumni fb 2 org 1 kali dtg 081222448080 di BRC gratis 2x bekam senilai 130 :
batas seminggu dari hariini
workshop fb ads minggu dpn jamnya sama (praktek) 50% disc
///////

Note Penulis:
*mulai buat logo, kemasan dll
*foto produk & model (professional)
*konsultasi& tanya pengiriman ke luar negeri
*radio yg lumayan buat iklan : MQ
*buat web

#FBAds #Iklan #Entrepreneur #Nurazizahdk #Nurblog

Inspirasi Bangunan

Assalamualaikum,

Hallo good people! :D, aku nemu referensi menarik nih tanpa sengaja pas nonton Nat Geo People, nama acaranya George Clarke’s Amazing Space, daan idenyaa Woow, kreatif dan menarik banget, bisa dijadikan inspirasi dalam membangun dan merancang bangunan, khususnya tempat tinggal kita nantii 🙂

COba di cek aja yaa channelnya, semoga bermanfaat 🙂

#dekorasi #inspirasirumah #nurazizahblog

The Beauty of Synergy

Ilmu ini saya tangkap (hap..hap..) dari presentasi Kang Rendy.

Resume ini dibuat berdasarkan dan dari sudut pandang saya pribadi sebagai pendengar saat Kang Rendy menjadi salahsatu pembicara di PWTDA, jika ada yang berbeda pendapat atau penafsiran dapat di tulis di comment aja yaah, biar semakin luas pemahaman ilmunya 😀

Yap, jadi pada bagian ini, Kang Rendy menjelaskan mengenai keindahan dari sinergi.

Jadi kunci- kunci sinergi diantaranya:

#1 Selalu berfikir untuk memberi benefit

Jadi point-nya, kita harus selalu berfikir untuk memberi manfaat/ benefit sebanyak- banyaknya, bukan hanya berfikir untuk selalu dapat benefit saja tanpa memberi benefit. karena dengan memberi benefit, kita akan juga mendapat benefit.

#2 Membuka ruang untuk hadirnya orang lain

point ke 2 yaitu membuka ruang untuk hadirnya orang lain, dalam usaha jangan berfikir untuk mengerjakan segalanya sendiri, tetapi kita harus berbagi dengan orang- orang lain, berbagi pekerjaan, berbagi keuntungan :).

#3 Memahami kaidah paket ruwet

yang bagian ini sejujurnya lupa maksudnya apaa, maybe kita harus mau merasakan ruwet, karena ruwet itu bagian dari proses. Hahaha sotoy, salah deh kayaknyaa yang tau yg benernya gimana tulis di comment yaa.

#4 Berproses secara natural

Berproseslah secara alami, biasanya yang alami lebih tahan lama, lebih matang.

#5 Tetap menjaga titik- titik hubungan

Jaga titik- titik hubungan maksudnya menjaga koneksi, semakin banyak yang kita kenal, semakin banyak yang bisa diajak kerjasama.

Challenge The Process

This slideshow requires JavaScript.

Pengalaman Pesta Wirausaha TDA 2017

Assalamualaikum, Selamat Siang, Good Afternoon!

Tanggal 9-11 mei 2017 ini saya mengikuti Pesta Wirausaha TDA (Tangan di Atas) yang tahun ini diselenggarakan di TMII (sasana kriya) Jakarta. Saya yang basicnya anak teknik dan baru saja lulus okteber 2016 kemarin yang masih polos dan bisa dibilang cukup “buta” dengan dunia bisnis karena baru mulai mendalami bisnis sejak januari 2017 kemarin, karena memutuskan untuk bisnis setelah lulus kuliah, merasa mendapatkan banyak pembelajaran dari acara ini. Saya mengetahui acara ini dari kakak saya yang telah jauh lebih dahulu terjun di bidang bisnis, sejak lulus SMA beliau langsung terjun ke bidang bisnis.

Hari pertama di event ini lebih saya jadikan sebagai hari tambah teman dan belajar sekilas mengenai kelas digital dan badan usaha. Pada hari ini saya berkenalan dengan beberapa orang diataranya ada yang sama- sama dari bandung namanya Kak Efie dia diajak sama temannya yg anak TDA juga. Terus ada juga dari parepare dia anak TDA juga di daerahnya, sekarang lagi usaha cokelat, ig nya cokelattparepare. Ada juga ibu- ibu beliau punya usaha bakso dengan suaminya, selain itu juga punya bisnis pakaian, kita cerita- cerita banyak… lucu deh pokoknya intinya ibunya curhat kalau sebenarnya dia nggak ngerti acara beginian (kebetulan lagi ngomongin kelas digital) tapi disuruh suaminya datang menggantikan karena suaminya tidak dapat hadir wkwk, namanya Bu Henny, produk pakaiannya namanya Green, belum dipasarkan secara online, kami sempat bertukar no hp karena kebetulan anak beliau juga berkuliah di ITB anak SBM dan kalau ada apapa katanya Ibu mau kontak saya (wkwk padahal saya udah lulus buk :D) beliau tinggalnya di Jakarta. Ada juga ibu muda menurutku wkwk padahal umunya selisih belasan tahun dan sudah punya anak 2 tapi kakaknya masih keliatan muda bgt kayak beda beberapa tahun aja, orangnya juga lucu dan supel, namanya Kak Alin, dia bisnis properti. Terus ada juga anak laki- laki, duh aku lupa bgt siapa namanya, dia lulus SMA dan memutukan untuk bisnis (sepertinya, wkwk maaf kalo sotoy) dia bisnisnya di bidang apotek, kakak nya kebetulan seorang dokter, kemarin hadir juga di acara PWTDA 2017 ini. Selain orang- orang di atas ada juga perempuan muda dari Lampung, lagi- lagi aku lupa namanya -__-, padahal udah ngobrol lumayan lama… mbaknya lumayan keren sih menurutku mendengarkan ceritanya, jadi dalam waktu 4 bulanan memulai bisnis ini sampai sekarang karyawannya sudah 300 orang-an, wooow keren kan, berawal dari niat mulia mbaknya karena tidak tega melihat masyarakat sekitarnya di gaji hanya 350rb/ bulan untuk membuat Kain Tapis (kain khas Lampung) yang padahal harganya mahal, akhirnya mbaknya membuka bisnis kain Tapis ini untuk meningkatkan pendapatan warga sekitar, sayang belum sempat tukeran kontak, nanti siapatau saya ke Lampung saya bisa main kesana hehe (siapatau ada keajaiban mbaknya baca blog saya ini dan kontakan wkwk).

Hari kedua saya bahagia karena merasa mendapat banyak tenaga dan ispirasi dari beberapa tokoh yang menginspirasi saya, di hari pertama juga sudah ada beberapa pembicara inspiratif, pembicaranya diantaranya: Pak Witjaksono, James Gwee, Rendy Saputra, Coach Fahmi, Gen Halilintar, Chairul Tandjung, Sandiaga Uno, Helmi Yahya, dan beberapa pembicara lainnya.

Hari ketiga saya juga jadikan sebagai hari untuk mencari inspirasi, pembicaranya diantaranya sudah disebutkan juga di atas.

Untuk materi dan ilmu yang saya dapatkan selama acara ini rencananya akan saya share di blog ini kemudan, dari sudut pandang penerimaan saya terhadap materi- materi tersebut tentunya 😀

Sekian!, sampai jumpa di tulisan berikutnyaa 😀

oiyaa btw acara pesta wirausaha ini aku tau karena ini termasuk rangkaian acara yang aku dapat free setelah mendaftar acara Kopdar Saudagar Nusantara (KSN) 2017, yg mau daftar langsung klik link ini aja 🙂 insyaallah manfaat, http://event.tabat.id/ksn2017?gogsrefnrweenaunmvmneha